Indonesia merupakan negara dengan kekayaan disektor pariwisata yang sangat melimpah. Maka dari itu sektor pariwisata menjadi sektor unggulan yang potensial untuk dikembangkan. Kegiatan pariwisata hakikatnya merupakan kegiatan yang sifatnya sementara, dilakukan secara sukarela. dalam perkembangannya dunia pariwisata ini mampu berperan dalam peningkatan sumber pendapatan negara. Untuk sektor pariwisata sebagai fokus pengembangan menjadi peluang yang sangat besar bagi wilayah disekitarnya, terutama bagaimana menciptakan desa wisata yang lestari dan berkelanjutan baik terhadap lingkungan maupun bagi masyarakat di sekitarnya.

Proses pengembangan desa wisata ini harus memperhatikan kemampuan dan tingkat penerimaan masyarakat setempat yang akan dikembangkan menjadi desa wisata tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui karakter dan kemampuan masyarakat yang dapat dimanfaatkan dalam pengembangan desa wisata, menentukan jenis dan tingkat pemberdayaan masyarakat terhadap kegiatan pengembangan desa wisata.

Kabupaten Wonosobo misalnya, salah satu kabupaten yang memiliki bentang alam pegunungan. Pemerintah Kabupaten Wonosobo mengembangkan beberapa potensi desa untuk menjadi Desa Wisata Lestari. Desa Wisata Lestari merupakan suatu program yang dibuat untuk mengembangkan sektor pariwisata desa serta meningkatkan kualitas perkembangan permukiman yang ada. Desa Wisata Lestari juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara pengelolaan dan pengembangan kawasan desa yang tepat guna dan berdaya saing. Desa Wisata Lestari mengolah potensi wisata untuk dikembangkan, tidak hanya dilihat dari alam, namun juga budaya dan sumber daya manusia setempat.

Tiga desa yang terpilih di awal program Desa Wisata Lestari adalah Desa Tlogo (Kecamatan Garung), Desa Mergolangu (Kecamatan Kalibawang), dan Desa Kumejing (Kecamatan Wadaslintang). Desa-desa itu dipilih berdasarkan beberapa kriteria, salah satunya adalah antusiasme masyarakat dalam mengembangkan potensi desanya. Tiga desa wisata tersebut dipilih oleh pemerintah untuk didampingi agar bisa menjadi destinasi unggulan wisata untuk masyarakat di Kabupaten Wonosobo pada khususnya dan juga bagi masyarakat di Provinsi Jawa Tengah pada umumnya. Pendampingan dilakukan agar pengembangannya bisa berorientasi jangka panjang, memiliki visi dan misi yang jelas, serta bisa benar-benar menonjolkan potensi wisata desa dan mengutamakan prinsip menjaga lingkungan yang berkelanjutan.

Perencanaan Desa Wisata Lestari berfokus pada sistem perencanaan berkelanjutan yang dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat sekitar, dengan menonjolkan potensi wisata desa dan mengutamakan prinsip untuk menjaga lingkungan yang berkelanjutan meminimalkan kerusakan yang ditimbulkan terhadap alam sekitar, menggali potensi wisata desa, mengembangkan visi misi Desa Wisata Lestari. Sudut pandang manfaat yang dapat dilihat masyarakat dan pemerintah dalam Program Desa Wisata Lestari kedepannya adalah dapat meningkatkan perekonomian dan kemandirian warga, serta Program Desa Wisata Lestari ini mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pengelolaan dan pengembangan Desa Wisata Lestari ke depannya.

Peran pemerintah, masyarakat, dan swasta dalam mengembangkan Desa Wisata Lestari sangat penting. Peran pemerintah yaitu sebagai fasilitator, dimana pemerintah memfasilitasi masyarakat dan swasta dalam memproduksi dan distribusi pelayanan publik secara khusus, masyarakat berperan dalam mengelola wisata pedesaan, dan pihak swasta berperan pada segi operasionalisasi  dan pengembangan  teknologi bagi peningkatan Desa Wisata Lestari.

Desa wisata merupakan salah satu pengembangan potensi desa yang menjanjikan bagi segala pihak. Seperti Desa Wisata Lestari yang merupakan program Pemerintah Kabupaten Wonosobo dapat menjadi contoh bagi pemerintah daerah lain untuk dapat mengembangkan program pengembangan desa secara berkelanjutan. (PDS)

 

Daftar Pustaka

http://literasipariwisata.com/index.php/2019/01/24/pengembangan-desa-wisata/

https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/16/12/29/oiy20h284-wonosobo-kembangkan-tiga-desa-wisata-lestari

https://blog.wonosobomuda.com/desa-wisata-lestari-upaya-pemerintah-dan-masyarakat-untuk-menggali-potensi-dan-menghargai-warisan-alam-dan-budaya/