Desa Tlogo merupakan sebuah desa yang mayoritas masyarakatnya menggantungkan hidup pada sektor perkebunan dan peternakan. Sektor perkebunan yang menjadi produk unggulan adalah labu siam, teh, kopi dan tembakau. Berdasarkan data dari BPS Kabupaten Wonosobo, peternakan di Desa Tlogo mengandalkan produk asli wonosobo yaitu Domba Wonosobo dengan jumlah mencapai  lebih dari 600 ekor pada tahun 2017.

Desa Tlogo memiliki potensi pengembangan kawasan perekonomian karena lokasinya yang strategis hanya berjarak 13 km atau kurang lebih 40 menit perjalanan darat dari pusat Kabupaten Wonosobo.  Desa Tlogo menjadi salah satu desa prioritas untuk pengembangan Desa Wisata Lestari di Kabupaten Wonosobo sejak tahun 2017. Program Desa Wisata Lestari bertujuan untuk menghidupkan geliat perekonomian masyarakat desa melalui kegiatan pariwisata agar menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Wonosobo. Desa Tlogo memiliki potensi wisata Telaga Menjer, yang berada di pintu masuk desa.

Desa Tlogo berada pada ketinggian 1.238 mdpl, secara administratif menjadi bagian dari Kecamatan Garung di Kabupaten Wonosobo, dengan luas wilayah 405 Ha dan jumlah penduduk 1926 jiwa pada tahun 2018. Penggunaan lahan paling dominan adalah tegalan/lahan perkebunan kering yakni 47 % dari luas wilayah Desa Tlogo.

baca:

https://www.masterplandesa.com/blog/profil-desa-tlogo-kecamatan-garung-kabupaten-wonosobo.html

Pengembangan pariwisata di Desa Tlogo memiliki kaitan erat dengan potensi wisata alam yang dimiliki yaitu Telaga Menjer yang setengah bagiannya termasuk dalam wilayah administratif Desa Tlogo. Selain itu, Desa Tlogo yang terletak pada dataran tinggi menambah potensi pengembangan wisata karena apabila dilihat dari ketinggian pemandangan Telaga Menjer akan sangat indah. Hamparan perkebunan teh dan kopi menambah suasana Desa Tlogo menjadi semakin asri.

Seiring berjalannya waktu Desa Tlogo terus berbenah mengembangkan wisatanya. Langkah awal yang dilakukan adalah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lembah Seroja. Dilansir Wonsosbozone, Pokdarwis Lembah Seroja ini dibentuk pada tahun 2016 untuk mengoptimalkan potensi wisata yang ada di Desa Tlogo sekaligus mengelola Wisata Alam Bukit Seroja. Pokdarwis Lembah Seroja telah melakukan terobosan untuk mengembangkan wisata yaitu dengan memperbaiki track menuju lokasi wisata sehingga meningkatkan aksesibilitas bagi wisatawan.

Langkah selanjutnya yang dilakukan oleh Pokdarwis Lembah Seroja dalam pengembangan wisata adalah membuat spot – spot foto dengan tujuan untuk menarik minat wisatawan dan memperkenalkan destinasi wisata di Desa Tlogo melalui sosial media di internet. Hasilnya, hanya dalam waktu  dua tahun Wisata Alam Bukit Seroja dapat menyajikan 13 lokasi spot foto dengan berbagai model dan lokasi yang paling banyak menjadi favorit wisatawan yaitu Prahu Pandang Seroja.

 

Sumber: facebook.com/wisataalamtelogo

 

baca:

 

Pengembangan pariwisata di Desa Tlogo yang dilakukan oleh Pokdarwis Lembah Seroja dengan pengembangan Wisata Alam Bukit Seroja ini merupakan langkah awal agar bisa meningkatkan kondisi ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata. Dengan adanya destinasi Wisata Alam Bukit Seroja, Masyarakat Desa Tlogo mulai menyewakan tenda untuk camping di Wisata Alam Seroja, menjajakan kuliner khas Wonosobo seperti nasi jagung, sayur ,dan teri Telaga Menjer.

 

Sumber gambar: tlogo-garung.wonosobokab.go.id

 

Selama tahun 2019, terdata pengunjung Wisata Alam Bukit Seroja dan Telaga Menjer sebanyak 17.391 wisatawan.  Hal ini menunjukkan pengembangan wisata di Desa Tlogo berpotensi mendatangkan keuntungan ekonomi bagi masyarakat sekitar. Maka dari itu, kedepannya pengembangan pariwisata di Desa Tlogo harus terus dilakukan dengan tetap menjaga ekologisnya, agar nantinya semakin banyak pengunjung yang berdatangan dan mampu menggerakkan ekonomi desa melalui sektor pariwisata, dan Desa Tlogo akan selalu menjadi Desa Wisata Lestari di Kabupaten Wonosobo. (SFA)

 

#Pariwisata #Desa #Tlogo #Wonosobo #Desawisatalestari #Dewils

 

Referensi

BPS Kabupaten Wonosobo, 2019

https://www.genpi.co/travel/4516/ada-kapal-titanic-berlayar-di-puncak-seroja-wonosobo?page=2

https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/16/12/29/oiy20h284-wonosobo-kembangkan-tiga-desa-wisata-lestari

https://www.wonosobozone.com/wisata-baru-sunrise-bersama-monyet-di/