Berwisata alam di perkotaan dengan nuansa perairan bendungan yang mengalir deras dengan alirannya dipenuhi ribuan ikan dan pepohonan rindang disekitarnya bisa dijumpai di salah satu destinasi wisata perkotaan seperti Bendung Lepen. Destinasi ini merupakan wisata baru yang saat ini banyak di kunjungi. Jarak Bendung Lepen dari Kota Yogyakarta kurang lebih sekitar 20 menit tepatnya berada di Kawasan Mrican, Giwangan, Kota Yogyakarta. Wisata Bendung Lepen mulai dibangun sejak 2017 dan selesai di tahun 2019. Sebelumnya tempat ini merupakan saluran irigasi yang kumuh disertai taman desa yang tak terurus. Namun, kesadaran para pemuda dan penduduk desa akan kebersihan lingkungan mengubah kali (sungai/lepen) yang semula begitu kotor, kini menjadi wisata yang disenangi banyak orang. Saat ini Bendung Lepen di kelola oleh pemuda dan penduduk desa.

Untuk mengunjungi Bendung Lepen bisa diarahkan oleh google maps, akses masuknya sangat mudah karena terdapat papan nama sehingga tidak kesulitan mencari lokasinya. Jika menelusuri jalan disekitar bendungan terdapat destinasi wisata yang bersebelahan dengan bendung lepen yaitu “dermaga cinta” di Sungai Gajah Wong, dengan menyediakan perahu-perahu untuk mengelilingi bendungan melalui jalur air. Setiap perahu dapat di isi 6 orang dengan biaya Rp. 30.000 per orang.

Wisata alam di sini asri dan lingkungannya bersih membuat wisatawan betah berlama-lama menikmatinya. Di taman ini juga tersedia pendopo-pendopo untuk santai, fasilitas bermain anak, jajanan kaki lima, stand-stand penjual kuliner seperti minuman segar, jajanan pasar, hingga angkringan bisa menjadi pilihan. Terdapat juga spot-spot terbaik untuk tempat berswafoto bersama keluarga, teman, bahkan pasangan. Di sepanjang taman Bendung Lepen terlihat goresan warna-warni yang menarik mata berupa kata-kata maupun gambar lukisan disetiap dinding taman, tebing dan lantai jalan sehingga terkesan lebih kekinian.

 

 

Sumber: Dokumentasi caritra.org

Wisata di Bendung Lepen dilengkapi dengan fasilitas sarana seperti tempat parkir kendaraan motor, mobil dan bis dengan tarif biaya sukarela. Ada fasilitas tempat cuci tangan sehingga pengunjung yang datang tetap mematuhi protokol kesehatan, Selain itu, Bendung Lepen juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung berupa sarana ibadah, WC umum, tong sampah dan ruang baca.

Pengunjung yang berdatangan ke Bendung Lepen lebih banyak dari rombongan keluarga yang menghabiskan waktu luang bersama. Wisatawan lebih banyak mengunjungi Bendung Lepen di sore hari, sekitar pukul 15.00 hingga 17.00. Menurut salah seorang pedagang, para wisatawan paling banyak mengunjungi di hari weekend Sabtu dan Minggu dengan melakukan aktivitas seperti bersepeda, olahraga, bahkan Study Tour pendidikan TK dan SD. Adapun atraksi yang tersedia disini seperti memberikan pakan ikan, memancing ikan, dan terapi ikan. Yang paling menarik wisatawan, ketika berkunjung di Bendung Lepen adalah memberikan pakan ikan yang ada di seluruh selokan irigasi hingga dipenuhi berbagai jenis ikan warna warni dalam jumlah banyak, sehingga terlihat seperti sedang berbaris seolah menunjukan atraksi yang menghibur para pengunjung. Pakan ikan sendiri bisa di beli dilokasi Bendung Lepen dengan harga Rp. 2.000. Sambil duduk di tepi selokan, bisa juga memasukkan kaki ke air dan merasakan sensasi pijat refleksi dengan cara dikerumuni ikan .

Disamping keindahan yang ada, Bendung Lepen masih perlu pembenahan diantaranya, kurangnya rasa kesadaran diri pengunjung yang membuang sampah sembarangan baik disekitaran taman maupun di Sungai Gajah Wong. Padahal sudah disediakan banyak tong sampah di beberapa tempat dan spanduk himbauan agar tidak membuang sampah sembarangan. Kemudian kebutuhan penambahan fasilitas bermain anak, dimana yang tersedia saat ini masih kurang sebagai penunjang bagi anak-anak yang datang berkunjung.

Bendung Lepen saat ini menjadi Wisata Edukasi yang bermanfaat bagi ekonomi masyarakat dan menjadikan peran pemuda desa yang kreatif sehingga perlu dicontoh oleh masyarakat dalam memanfaatkan kampung-kampung kumuh di Indonesia. Peran pemuda desa tersebut tentunya di dukung oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dan BRI.

Bendung Lepen sangat cocok di kunjungi sore hari bersama keluarga, teman ataupun pasangan. Untuk memanjakan mata dengan melihat berbagai jenis ikan yang warna-warni sekaligus duduk santai di pendopo menikmati senja sambil memesan jajanan dan minuman yang disediakan disana. Wisata alam di Bendung Lepen wajib di kunjungi ketika weekend selain tidak adanya kewajiban tiket masuk juga suasananya yang sangat indah dan asri.(SDH)