Jogja terkenal dengan kebudayaan dan pariwisata domestik maupun mancanegara. Jogja tidak bisa terlepas identitasnya sebagai pusat kebudayaan Jawa dengan tradisi suku Jawa yang terus dilestarikan, Jogja ditetapkan sebagai City of Culture ASEAN yaitu penghargaan atas pelestarian budaya yang diberikan oleh Forum ASEAN Ministers Responsible for Culture and Arts (AMCA) ke-8.

Kentalnya kebudayaan yang ada, membuat Jogja banyak menghadirkan tempat wisata untuk liburan yang identik dengan keunikan budayanya, salah satunya diwujudkan dengan Desa Wisata. Sebagai potensi pariwisata di Jogja, Desa Wisata menghadirkan ketenangan dan keasrian alam yang menjadi daya tarik wisatawan baik mancanegara maupun domestik.

Selain itu, keunikan Desa Wisata di Jogja adalah suasana tradisional khas perdesaan Jawa ditambah dengan kentalnya budaya Jogja akan cocok menjadi tujuan wisata ketika liburan di Jogja. Keramah-tamahan masyarakat dan kesederhanaan menjadi pengalaman yang dapat memikat wisatawan ketika berlibur di Desa Wisata.

Jadi ketika liburan ke Jogja, wajib bagi Anda untuk mengunjungi salah satu Desa Wisata dibawah ini. Nikmati suasana perdesaan dengan suguhan daya tarik wisata yang berbeda – beda di setiap Desa Wisata. Berikut 5 rekomendasi Desa Wisata yang bisa menjadi tujuan wisata ketika liburan ke Jogja:

 

 

  1. Desa Wisata Nglinggo

Hamparan luasnya perkebunan teh akan memanjakan mata wisatawan ketika liburan ke Desa Wisata Nglinggo.
Sumber : visitingjogja.com

 

Desa Wisata Nglinggo menyajikan pemandangan luasnya area perkebunan teh, hutan pinus, dan sunrise di Puncak Suroloyo. Sebagai desa wisata alam, Desa Wisata Nglinggo menawarkan tantangan untuk tracking ke Curug Watu Jonggol. Perjalanan ke air terjun tersebut harus dilalui dengan medan yang cukup terjal, namun hal ini akan terbayarkan dengan keindahan air terjun yang segar nan asri, cocok sekali untuk liburan Anda bukan!

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan saat liburan ke Desa Wisata Nglinggo. Wisatawan dapat merasakan kehidupan pedesaan yang masih tradisional. Wisatawan dapat belajar dan berinteraksi dengan masyarakat sekitar untuk belajar membuat kuliner lokal seperti gula aren dan geblek, atau belajar kebudayaan tradisional seperti jathilan, tari lengger tapeng, hingga membuat topeng.

Desa ini terletak di kawasan perbukitan yang berada di kawasan perdesaan di Jogja, tepatnya di Kabupaten Kulon Progo. Desa Wisata Nglinggo dapat ditempuh kurang lebih 60-90 menit dengan kendaraan bermotor dari Kota Yogyakarta.

Lokasi: https://goo.gl/maps/QqhCHArGA1fjSEELA

 

 

  1. Desa Wisata Tanjung

Salah satu daya tarik Desa Wisata Tanjung adalah wisatawan bisa liburan sambil belajar bertani secara tradisional.
Sumber : bisniswisata.co.id

Sejak tahun 2001, Desa Wisata Tanjung ini mulai menawarkan daya tarik wisata dengan keunikan wisata pertanian. Wisatawan dapat liburan sambil belajar mengenai cara bercocok tanam padi mulai dari mengolah tanah menggunakan kerbau, menanam bibit padi, memanen padi, hingga nasi tersaji di atas meja makan. Desa Wisata Tanjung juga dikenal sebagai produsen beras berkualitas baik di Jogja.

Selain pertanian, Desa Wisata Tanjung juga menyuguhkan wisata budaya. Wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Tanjung, biasanya akan mendapatkan suguhan kesenian tradisional angguk putri. Di Desa Wisata Tanjung terdapat kesenian pekbung, jathilan, tari klasik, hadroh, sholawatan dan karawitan. Tidak jarang para penduduk pun mengajak wisatawan yang berkunjung untuk bermain kesenian bersama. Bagi Anda yang tertarik dengan batik, di Desa Wisata Tanjung ada perajin batik yang siap menunjukkan kemahirannya dalam membatik.

Desa Wisata Tanjung yang beralamat di Dusun Tanjung, Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Jogja, jadi tidak terlalu menghabiskan waktu untuk perjalanan menuju ke sana.

Lokasi: https://goo.gl/maps/cfqfHqeJT6CGGmzH8

 

 

  1. Desa Wisata Kemadang

Pantai merupakan daya tarik utama di Desa Wisata Kemadang.
Sumber : visitingjogja.com

Desa Wisata Kemadang merupakan wisata dengan tema kawasan pesisir atau pantai. Sebesar 70 persen warga di desa ini bekerja sebagai pelaku usaha wisata mulai dari jasa penginapan, bisnis kuliner, hingga jasa parkir. Jadi tidak heran jika Desa Wisata Kemadang dinobatkan sebagai desa terbaik se-Jogja.

Mungkin bagi Anda warga Jogja sudah sering liburan ke Desa Wisata Kemadang. Pantai Baron, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup, Pantai Watu Kodok, dan Pantai Ngrawe merupakan daya tarik wisata di Desa Wisata Kemadang. Semua pantai yang berada di kawasan Desa Kemadang sudah berkembang dengan baik dan memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari toilet, area parkir, warung makan, hingga penginapan.

Lokasi Desa Wisata Kemadang ini berada di Kabupaten Gunung Kidul. Jarak dari pusat Kota Jogja adalah sejauh 40 km ke arah selatan, jadi persiapkan bekal yang cukup jika ingin liburan ke pantai – pantai yang ada di Desa Wisata Kemadang.

Lokasi: https://goo.gl/maps/qxVeuCFYw9VvMQ7RA

 

 

  1. Desa Wisata Ketingan

Birdwatching merupakan aktivitas wisata yang ditawarkan di Desa Wisata Ketingan.
Sumber : eksotisjogja.com

 

Keunikan dari Desa Wisata Ketingan adalah terdapatnya populasi burung kuntul (sejenis bangau) yang semenjak tahun 1990-an bermigrasi ke desa dan belum diyakini keberadaannya ada di tempat lain. Sehingga Desa Wisata Ketingan ini menawarkan aktivitas birdwatching atau mengamati burung kepada wisatawan, terutama bagi mereka yang menyukai dunia fauna.

Atraksi wisata lainnya adalah pada bulan September wisatawan dapat menyaksikan acara adat Merti Bumi yang menampilkan berbagai pertunjukan seni seperti kirab, kenduri, dan pagelaran wayang. Merti Bumi sendiri dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta atas hasil bumi yang melimpah.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan di Desa Wisata Ketingan, perlu diingat bahwa desa wisata ini berada di Desa Tirtoadi, Kabupaten Sleman yang terletak 3 km dari Pusat Jogja. Selama di Desa Wisata Ketingan Anda akan menikmati kicauan Burung Kuntul yang merdu dan menenangkan hati.

Lokasi: https://goo.gl/maps/qHE4M9WSHoP8GE1w9

 

 

  1. Desa Wisata Tembi

Hamparan luasnya perkebunan teh akan memanjakan mata wisatawan ketika liburan ke Desa Wisata Nglinggo.
Sumber : tripzilla.id

Desa Wisata Tembi merupakan satu dari sekian desa wisata yang sukses menata kawasannya sehingga menjadi sebuah kawasan yang layak untuk dikunjungi. Desa Wisata Tembi telah ditetapkan sejak tahun 1997 sebagai desa wisata. Desa Wisata Tembi menghadirkan bukti – bukti peninggalan Kerajaan Mataram di Museum Rumah Budaya Tembi yang memamerkan koleksi yang cukup variatif seperti peralatan tradisional masyarakat jawa seperti peralatan dapur (tungku, dandang), persenjataan masyarakat jawa (keris, tombak), peralatan untuk bertani (bajak), peralatan seni (gamelan, batik). Tidak ketinggalan juga koleksi foto-foto jaman dahulu, sepeda kuno, poster kuno dan sebagainya.

Potensi alam di Desa Wisata Tembi berupa suasana desa yang asri dan udara yang sejuk sangat pas untuk dimasukkan dalam list lokasi desa wisata untuk liburan Anda. Apalagi jarak Desa Wisata Tembi tidak jauh dari pusat kota Jogja.

Lokasi: https://g.page/TembiHomestay?share

Itu tadi merupakan ulasan 5 desa wisata di Jogja yang cocok untuk destinasi liburan Anda. Semoga ulasan tadi bermanfaat dan selama pandemi covid-19 mari kita patuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Rekomendasi ini bisa Anda gunakan ketika desa wisata sudah diperbolehkan menerima wisatawan. Mari kita sukseskan pembangunan desa dengan liburan ke desa wisata! (AW & BVY)