Indonesia diprediksi akan mengalami bonus demografi pada tahun 2030 hingga tahun 2040, dimana jumlah penduduk usia produktif yang berusia antara 15 – 64 tahun lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif yang berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun. Pada periode tersebut, penduduk usia produktif diprediksi mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk yang diproyeksikan sebesar 297 juta jiwa. Angka tersebut menjadi aset bagi Indonesia agar nantinya bisa lebih berkembang dengan peran generasi muda yang menjadi penerus kemajuan bangsa, salah satunya dalam pembangunan desa.

Potensi bonus demografi ini juga dapat menjadi ancaman serius apabila pengambil kebijakan gagal membaca potensi ini dan mengambil langkah strategis. Jika tidak disiapkan dan dibina dengan baik, generasi muda justru akan membawa dampak yang buruk bagi kehidupan bangsa dan negara. Sebagaimana dilansir oleh laman Sindonews, BNN menyatakan bahwa pengguna narkoba di Indonesia mencapai 5,1 juta orang dimana 40% diantaranya berasal dari kalangan mahasiswa dan pelajar. Permasalahan yang terjadi seperti kenakalan remaja, narkoba, rendahnya keikutsertaan remaja dalam setiap pembangunan, dan sikap apatis terhadap kegiatan-kegiatan di masyarakat nampaknya perlu adanya penanganan yang serius. Oleh karena itu, dibutuhkan organisasi masyarakat yang mampu menjadi wadah pembinaan untuk generasi muda agar mampu berkontribusi terhadap penyelesaian persoalan bangsa. Salah satu organisasi kemasyarakatan adalah Karang Taruna. Karang Taruna di wilayah desa, menjadi media bagi generasi muda dalam berperan terhadap pembangunan desa.

Karang Taruna merupakan sebuah organisasi sosial dalam lingkup desa atau kelurahan yang beranggotakan pemuda di lingkungan sekitar yang berperan terhadap pembangunan di wilayahnya. Berdasarkan Permensos No. 77 Tahun 2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna, Karang Taruna didefinisikan sebagai wadah pengembangan setiap anggota masyarakat atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial oleh dan untuk generasi muda di wilayah desa/kelurahan yang bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial. Tugas utama Karang Taruna berdampingan dengan pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi, baik itu bersifat preventif, rehabilitatif maupun pengembangan potensi generasi muda di desa.

Pemenang Karang Taruna terbaik tingkat nasional tahun 2019 yaitu Karang Taruna Giriharja yang terletak di Desa Ciptaharja, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Karang Taruna Giriharja memberikan banyak inovasi agar desanya bergerak aktif melaksanakan program – program dalam upaya mengatasi permasalahan sosial yang terjadi di lingkungannya.

Karang Taruna Giriharja berupaya menghidupkan peran pemuda secara aktif dalam pembangunan desa melalui berbagai kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat. Terobosan yang dilakukan Karang Taruna Giriharja adalah usaha produktif dengan mengelola sampah dengan Bank Sampah serta juga berperan dalam mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga lingkungannya tetap bersih.

Selain itu pemuda Karang Taruna Giriharja juga memproduksi produk obat – obatan herbal dengan memanfaatkan potensi lokal. Kegiatan sosial yang dilakukan Karang Taruna Giriharja antara lain bedah rumah, beberes lembur, dan membersihkan sarana prasarana umum seperti masjid, mushala, dan MCK umum. Karang Taruna Giriharja juga memanfaatkan kemajuan teknologi dan digitalisasi pada setiap lini kehidupan.

Belajar dari Karang Taruna Giriharja, sudah seharusnya desa – desa di Indonesia berupaya melibatkan pemuda dalam kegiatan pembangunan dan pengembangan desa melalui organisasi Karang Taruna. Karang Taruna sebagai tempat berhimpunnya pemuda juga menjadi sarana untuk membangun sebuah desa agar lebih maju lewat inovasi dan terobosan para pemudanya. Peran generasi muda dalam pembangunan desa dapat dilakukan melalui organisasi Karang Taruna, tujuannya adalah agar pembangunan desa dapat terstruktur dan berkelanjutan hingga generasi berikutnya. (SFA)

 

Logo Karang Taruna Nasional Indonesia

 

#karangtaruna #desa #pemudadesa  #pembangunandesa #generasimuda

 

 

Referensi

Pratama, Febri & Rahmat. 2018. Peran Karang Taruna Dalam Mewujudkan Tanggung Jawab Sosial Pemuda

Sebagai Gerakan Warga Negara. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan. Diambil dari https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/19192/pdf.

https://www.cendananews.com/2017/01/dipo-ratna-muda-karang-taruna-terbaik-di-seluruh indonesia.html

https://www.kompasiana.com/rifqinhuda/5a7cd149caf7db6aa147df03/optimalisasi-peran-karang-taruna-dalam-pembangunan-daerah

https://ktdgiriharja.bandungbaratkab.go.id/2019/08/karang-taruna-giriharja-kbb-wakili-jabar-ke-nasional-di-pps-berprestasi/