Kemitraan dalam pembangunan desa antara Desa Kajar di Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang dengan PT. Semen Gresik terjalin dengan baik, selama 4 (empat) tahun terakhir ini . Kemitraan dalam pembangunan desa yang terjalin antara PT. Semen Gresik dan Desa Kajar diwujudkan dalam Program Corporate Social Responsibility (CSR) Semen Gresik. Salah satu bentuk kemitraan dengan PT. Semen Gresik yang telah berdampak signifikan terhadap kondisi masyarakat Desa Kajar adalah pembangunan prasarana air bersih desa untuk kebutuhan sehari – hari masyarakat. Desa Kajar yang selalu merasakan krisis air bersih setiap tahunnya, seperti mendapatkan hal yang menyejukkan bagi masyarakatnya.

Tujuan Program Kemitraan CSR PT. Semen Gresik adalah meningkatkan kesejahteraan dan memberi manfaat kepada warga di desa sekitar perusahaan yang salah satunya adalah Desa Kajar, yang memiliki permasalahan krisis air bersih. Perlu kita pahami bahwa membentuk keterlibatan pengelolaan desa yang terintegrasi antara pemerintah dengan masyarakat dan pihak ketiga atau yang disebut mitra pembangunan desa adalah bagian dari proses pembangunan desa.

“Ibarat impian yang menjadi kenyataan” kata – kata itu lah yang merepresentasikan perasaan warga Desa Kajar. Warga Desa Kajar khususnya di Dukuh Wuni memang sudah akrab dengan krisis air bersih. Dulu, mereka terpaksa berjalan kaki sekitar 1,5 kilometer sembari memanggul jerigen untuk mengambil air bersih yang sumbernya terletak di Desa Waru, Kecamatan Jepon, Blora. Program kemitraan pembangunan desa dapat mengatasi kekeringan dengan solusi nyata dan juga memiliki andil dalam menyelesaikan konflik antara warga Dukuh Wuni dengan warga Desa Waru yang disebabkan berebut air bersih.

  1. Semen Gresik bersama akademisi dari Universitas Gajah Mada (UGM) turun tangan secara langsung bermitra dengan Pemerintah Desa Kajar mulai tahun 2016, untuk mencari jalan keluar dari permasalahan krisis air bersih yang selalu melanda desanya. Setelah dilakukan penelitian terhadap sumber mata air di Desa Kajar, akhirnya ditemukan sumber air bersih di dasar gua yang memiliki kedalaman kurang lebih 200 meter. Setelah dipastikan sumber air tersebut layak konsumsi dan debit airnya cukup, akhirnya pada pertengahan tahun 2019 Semen Gresik memulai kegiatan pemanfaatan sumber air bersih tersebut untuk warga Desa Kajar .

Kegiatan kemitraan CSR Semen Gresik yang dilakukan di Desa Kajar yaitu berupa pembuatan bak tampung air bersih dengan kapasitas 20 ribu liter di dasar gua, pemasangan pompa, pipanisasi, hingga pembangunan tandon air bersih berkapasitas total 9.500 liter di kawasan permukiman warga Dukuh Wuni, Desa Kajar. Tak hanya itu, PT.Semen Gresik juga membangun anak tangga dan pegangan besi dari mulut goa hingga titik sumber air bersih di dasar gua. Upaya ini dilakukan agar aktivitas perawatan dan pemanfaatan sumber air bersih itu tak lagi terkendala sulitnya medan menuju sumber air bersih tersebut di Desa Kajar.

 

Tandon Air Bersih Desa Kajar. Sumber: Laporan Realisasi CSR Semen Gresik, 2019

Tandon Air Bersih Desa Kajar. Sumber: Laporan Realisasi CSR Semen Gresik, 2019

 

Kini kondisi air bersih di Desa Kajar pada musim kemarau memiliki debit air yang cukup besar dan stabil, bahkan air bersih yang dihasilkan bisa digunakan untuk irigasi pertanian. Berkat kemitraan dengan PT. Semen Gresik, Desa Kajar dapat menyelesaikan permasalahan air bersih. Kabarnya, warga Desa Kajar mengekspresikan kegembiraannya dengan menggelar syukuran bersama di areal sekitar mulut gua sumber air bersih. Warga membawa berbagai makanan tradisional dan hasil bumi untuk dinikmati secara bersama-sama.

 

Kegiatan Syukuran Warga bersama Semen Gresik. Sumber: Laporan Realisasi CSR Semen Gresik, 2019

Keberhasilan kemitraan antara Desa Kajar dan PT. Semen Gresik tercipta karena kepercayaan dan dukungan warga Desa Kajar, keseriusan Pemerintah Desa Kajar dalam membangun desa, dan kemampuan PT. Semen Gresik dalam menciptakan strategi penyelesaian masalah, salah satunya krisis air bersih. Dukungan dari berbagai pihak adalah kunci sukses kemitraan antara Desa Kajar dan PT. Semen Gresik. Masih banyak rencana – rencana kegiatan kemitraan CSR Semen Gresik dengan Desa Kajar yang akan dilakukan ke depannya, misalnya membangun edupark pertanian dan peternakan terpadu yang akan dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kajar. Selain itu masih ada program lainnya dengan tujuan yang sama yaitu membangun kemandirian pangan, energi dan ekonomi warga di Desa Kajar. Desa memiliki peluang yang sama dalam melakukan kemitraan untuk membangun desanya. (BVY/CARITRA)

#Kemitraan #Pembangunandesa #Airbersih #Semengresik #Kajar