DSSJ Desa Wonorejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Desa siaga sehat jiwa adalah desa yang masyarakatnya sadar, mau, dan mampu melakukan upaya-upaya dalam kesehatan jiwa. Tujuannya, yaitu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat desa tentang pentingnya kesehatan jiwa, meningkatkan kemampuan masyarakat desa menolong dirinya dalam bidang kesehatan jiwa, meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat desa terhadap risiko dan bahaya kesehatan jiwa, meningkatkan dukungan dan peran aktif stakeholder, serta meningkatnya masyarakat desa dalam melaksanakan Perilaku Sehat Jiwa. Manfaat dari adanya program ini adalah yang berisiko mengalami gangguan jiwa dapat terhindar dari gangguan jiwa dan mendapatkan pelayanan yang sesuai dan tepat.

Pada tahun 2018, Kecamatan Singosari terpilih sebagai nominasi kecamatan terbaik dengan menginisiasi terbentuknya Desa Siaga Sehat Jiwa di Desa Wonorejo. Desa Wonorejo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang secara geografis terletak di Dataran Tinggi (112039’35,42″T) dan terletak di Bagian Timur wilayah Kecamatan Singosari (7051’37,19″S). Secara topografi, Desa Wonorejo termasuk dalam kategori Daerah dataran Tinggi dengan ketinggian ±1953 meter dari permukaan laut (mdpl). Adapun batas-batas wilayah Desa Wonorejo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang adalah sebagai berikut :

  • Sebelah Utara : Desa Sidoluhur Kecamatan Lawang
  • Sebelah Timur : Desa Kemiri Kecamatan Jabung, Desa Jabung Kecamatan Jabung
  • Sebelah Selatan : Desa Gunungjati Kecamatan Jabung
  • Sebelah Barat : Desa Dengkol Kecamatan Singosari

Desa Wonorejo memiliki jumlah penduduk 1947 KK, 2950 Laki-Laki, 2979 Perempuan,. Untuk sarana kesehatan, desa ini memiliki Puskesmas 1 dan Posyandu 4. Program Desa Siaga Sehat Jiwa yang dilakukan menjadi salah satu program andalan di bidang kesehatan. Melalui program DSSJ berupaya mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam mendeteksi, mencegah serta menanggulangi  masalah kesehatan jiwa di masyarakat.

Kegiatan ini juga dilakukan atas kerjasama RSJRW (RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang) bersama Puskesmas Ardimulyo, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Pemerintah Desa Wonorejo Singosari Kabupaten Malang. Pembinaan DSSJ merupakan langkah tindak lanjut dari pencanangan Desa Wonorejo sebagai DSSJ pada tahun 2017. Berdasarkan data tahun 2017, Desa Wonorejo memiliki 44 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang hidup berdampingan dengan masyarakat, dimana 3 diantaranya adalah mantan korban pasung yang telah mendapatkan pengobatan dan rehabilitasi di RSJRW. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan di Desa Wonorejo sebagai DSJJ antara lain :

  • Senam yang diikuti oleh ODGJ, keluarga dan kader jiwa
  • ODGJ mendapatkan pemeriksaan gratis dari tim dari Puskesmas Ardimulyo dan RSJRW
  • Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran  tentang hubungan antara reaksi emosional diri sendiri dengan perilaku defensive (bertahan terhadap stress) dan adaptasi
  • Materi penyuluhan dari Psikiater dan Peran Serta Keluarga dalam Perawatan Pasien Gangguan Jiwa
  • Manfaat Kontrol Bagi Penderita Penyakit Jiwa dan Bagaimana Memahami Kekambuhan ODGJ.

Selain itu, ada juga pembinaan DSSJ yang dilaksanakan secara rutin setiap satu bulan sekali untuk menurunkan angka kekambuhan ODGJ, kondisi sehat jiwa dapat terus dipertahankan dan peran serta keluarga dalam proses penyembuhan ODGJ dapat ditingkatkan. DSJJ sebuah model layanan program kesehatan jiwa berbasis masyarakat yang dibentuk dari pengembangan desa siaga. Makna program tersebut membawa sebuah komunitas atau masyarakat agar dapat bersama-sama peduli dan aktif melakukan upaya-upaya sehingga terwujud derajat kesehatan jiwa yang berkualitas ditengah-tengah masyarakat.

Bentuk pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan pelayanan kesehatan jiwa berbasis masyarakat. Melalui pendekatan ini, diharapkan jumlah gangguan jiwa berat dapat ditekan, kelompok sehat dapat diberdayakan secara optimal dan kelompok resiko dapat dicegah agar tetap sehat. Adanya keberhasilan Desa Siaga Sehat Jiwa Wonorejo dapat memberikan inspirasi bagi daerah lain untuk bersama peduli dan membantu ODGJ kembali mendapatkan haknya sebagai individu yang mandiri dan bermartabat.

 

#DesaWonorejo #MasterplanDesa #DesaSiagaSehatJiwa

 

 

Sumber :

http://rsjlawang.com/news/detail/37/pembinaan-desa-siaga-sehat-jiwa-di-desa-wonorejo-kabupaten-malang

http://yankes.depkes.go.id/read-rsjrw-dukung-singosari-dalam-penilaian-sinergitas-kinerja-kecamatan-prov-jatim-5884.html

http://yankes.depkes.go.id/assets/images/185798blandit%202018.jpg

https://slideplayer.info/slide/4872517/

http://desa-wonorejo-singosari.malangkab.go.id/