Desa Langse menuju desa mandiri energi dengan rektor kapal selam. Inovasi pengolahan limbah kotoran ternak menjadi biogas ini dimanfaatkan masyarakat untuk pengganti energi gas alam dan pengganti energi listrik untuk penyediaan air bersih serta menghasilkan pupuk organik untuk kepentingan bertani. Hasil karya masyarkat Desa Langse ini menggunakan bahan bakar limbah kotoran ternak. Bahan baku tidak dibatasi dari jenis ternak tertentu. Gas yang dihasilkan merupakan percampuran dari limbah ternak kelinci, kambing dan lainnya.  Cara kerja dari reaktor kapal selam adalah menampung limbah kotoran ternak dengan tangki yang kemudian diolah menjadi gas. Gas tersebut dialirkan melalui instalasi pipa yang cukup aman untuk menjadi api. Sedangkan pupuk organik dihasilkan dari residu pengolahan tersebut.

Bioreaktor Kapal Selam di Desa Langse Sumber: Facebook Heru Santoso

Bioreaktor Kapal Selam di Desa Langse Sumber: Facebook Heru Santoso

Skema Bioreaktor Sumber: Wikipedia

Skema Bioreaktor Sumber: Wikipedia

 

Terletak di Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Desa Langse yang memiliki luas wilayah 148,2 hektar dengan persentase lahan pertanian seluas 83,82 persen. Desa Langse berjarak 4,2 km ke arah barat dari Pusat Kabupaten Pati. Jumlah penduduk pada tahun 2017 adalah 1.071 jiwa dengan 369 rumah tangga. Kepadatan penduduk di Desa Langse tergolong rendah yaitu 46 jiwa / hektar. Secara geografis, Desa Langse merupakan dataran rendah yang berada diketinggian 53 mdpl dan memiliki curah hujan 1.686 mm/tahun dengan 111 hari hujan.

Jumlah peternak di Desa Langse adalah 95 jiwa yang hasil limbah ternaknya dapat dimanfaatkan untuk biogas. Melihat potensi itu, Masyarakat Desa Langse tergerak melakukan inovasi teknologi pengubahan limbah kotoran ternak dengan pembuatan reaktor yang kinerjanya mirip kapal selam. Kotoran ternak yang melimpah bisa lebih bermanfaat dan tidak menjadi sumber penyakit. Selain itu, hasil pupuk organik juga dapat dimanfaatkan guna meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

Sesuai dengan slogan Desa Langse yaitu “DARI DESA LANGSE UNTUK INDONESIA DAN DUNIA”, masyarakat dan pemerintah Desa Langse berusaha untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi rektor kapal selam di desanya dengan harapan bisa menjadi percontohan bagi wilayah – wilayah lain untuk mewujudkan Desa Energi Mandiri. Desa Langse terus berproses dari waktu ke waktu untuk berbenah dan membangun wilayahnya dalam rangka menyediakan kebutuhan energi alternatif untuk masyarakat.

 

 

#MasterplanDesa #DesaLangse #Pati #MandiriEnergi

 

 

Sumber:

Kecamatan Margorejo Dalam Angka Tahun 2018

batursari-batangan.sideka.id

langse-margorejo.desa.id

patikab.go.id

wartapati.com